Karta.co.id

Dua Desa di Sumenep Ditunda dalam Pilkades Antar Waktu

  • Senin, 31 Agustus 2020 | 17:00
Dua Desa di Sumenep Ditunda dalam Pilkades Antar Waktu
Foto: kepala dpmd sumenep. Moh. Ramli

KARTA.CO.ID, SUMENEP – Sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI bulan Juli 2020, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menunda pelaksanaan pemilihan kepala desa antar waktu hingga selesai pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli mengatakan, rencananya, Pilkades antar waktu akan dilaksanakan pertengahan bulan September.

Pilkades antar waktu sendiri, setidaknya akan dilaksanakan di dua desa, yaitu Desa Campor Timur, Kecamatan Ambunten dan Desa Pananggungan Kecamatan Guluk-Guluk. Dua kepala desa di desa itu meninggal dunia.

“Sesuai edaran Mendagri, Pilkades antar waktu ini ditunda sampai selesai pelaksanaan Pilkada serentak,” kata Ramli ditemui di Kantor DPRD Sumenep, Senin (31/08).

Saat ini, tahapan pilkades antar waktu di Sumenep sudah memasuki penjaringan bakal calon. Berdasarkan konsultasi ke Kemendagri, kata Ramli tahapan itu bisa dilanjutkan sesuai jadwal, tapi pelaksanaan pemilihan tetap dilaksanakan pasca Pilkada. Opsi lain, seluruh tahapan dihentikan dan dilanjutkan pasca Pilkada.

“Sudah ada edaran Bupati beberapa waktu lalu kepada camat. Pilkades antar waktu ini tahapannya tetap jalan sesuai jadwal. Hanya saja, Pilkades antar waktu ini kan forumnya Musdes, maka Musdes itu dilaksanakan setelah Pilkada,” tambahnya.

Pelaksanaan Pilkades antar waktu ini diharapkan tetap terlaksana tahun 2020. Pemerintah sendiri, kata Ramli menargetkan pelaksanaan Pilkades antar waktu ini bisa dilaksanakan antara tanggal 10 hingga 17 Desember 2020 mendatang.

“Kita targetkan kepala desa antar waktu yang terpilih itu bisa dilantik akhir tahun 2020 ini,” ungkap Mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep tersebur. (ibn)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional