Karta.co.id

Indra Diduga Langgar Kode Etik AD/RT Partai Demokrat

  • Selasa, 15 Oktober 2019 | 12:29
Indra Diduga Langgar Kode Etik AD/RT Partai Demokrat

KARTA.co.id, Sumenep – Indra Wahyudi, Wakil Ketua DPRD Sumenep, diduga telah melanggar kode etik Partai Demokrat. Pasalnya, komunikasi publik yang buruk dengan berbagai cuitan di Media Sosial, dinilai tidak sesuai dengan Etika Politik Partai Besutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004 – 2014).

Berdasarkan AD/ART Partai Demokrat tahun 2015 yang ditanda tangani Sekretaris Jendral PD, Dr. Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS Bab I Pasal 5 tentang Etika Politik menyebutkan bahwa Etika Politik Partai Demokrat yaitu bersih, cerdas dan santun.

Salah satu indikasinya dapat kita baca atas cuitan Indra Wahyudi dalam komentar di akun fb-nya. Komentar itu sangat mengesankan bahasa sinisme dari seorang pejabat atas masyarakat biasa.

Indra Wahyudi menulis “sejak kapan Ajimuddin el Kayani jadi pengamat?? Apa semenjak tidak dipakai oleh Demokrat?? Saya baru tahu kalo sudah jadi pengamat hehehe”.

Bahasa pada awalnya memang bersifat netral. Namun fikiran manusia memberinya muatan kepentingan bahkan penuh intrik. Sehingga bahasa tidak saja merupakan alat komunikasi tetapi beralih menjadi media hegemoni untuk menundukkan dan menindas pihak lain dengan kekuasaan yang menyertainya.

Sementara, Pengamat Hukum, Rausi Samorano, mengatakan bawah pimpinan harus luas dalam berfikir dan bijak dalam bersikap. Sebab, pimpinan DPRD bila mana mendapatkan suara terbanyak, tak berarti lepas kontrol dari masyarakat atau media.

“Pemimpin tak boleh jumawa karena sudah dipilih oleh rakyatnya dengan suara terbnyak. Pengawasan, penilaian langsung oleh dan dari rakyat itu penting,” kata Pengamat Hukum, Rausi Samorano kepada wartawan.

Sebelumnya, Status Facebook, Wakil Ketua DPRD Sumenep, Indra Wahyudi, dari Fraksi Partai Demokrat, menyebutkan media “ecek2” yang cenderung mendiskreditkan dalam setiap pemberitaannya tak akan mengalahkan popularitas dirinya di mata masyarakat. (di/ibn)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional