Karta.co.id

Kreatif, Kripik Pentol Khas Kuliner Sumenep Tembus Pasar Jakarta

  • Minggu, 10 Mei 2020 | 13:56
Kreatif, Kripik Pentol Khas Kuliner Sumenep Tembus Pasar Jakarta

KARTA.CO.ID, SUMENEP – Kreatifitas masyarakat dalam menciptakan menu-menu makanan dan cemilan yang rasanya nikmat dan gurih, menambah kekayaan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang memiliki banyak potensi wisata dan Kuliner.

Untuk bisa merasakan kripik pentol ini, lebih mudah langsung mendatangi lokasi pembuatannya yakni di Desa Legung, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep.

Sebenarnya, untuk membuat Kripik pentol ini terbuat dari olahan ikan laut segar, yaitu ikan tongkol atau ikan tenggiri. Lalu diolah dengan tepung tepioka dengan campuran rempah-rempah pilihan. Kemudian diolah dan kemudian dibuat bundar seperti pentol pada umumnya. Setelah itu baru dicetak menggunakan cetakan khusus dalam keadaan mentah dan baru digoreng.

“Rasanya enak, gurih dan renyah. Makanya, kalau saya beli langsung memborong. Karena rasanya nikmat dan gurih,” terang Irul, salah satu penikmat kripik pentol.

Annatul Khoirah, Salah satu pembuat kripik pentol, mengatakan, setiap hari semakin banyak peminat dari kripik pentol. Maklum, meskipun terbuat dari ikan laut tetapi dimasak terlebih dahulu, sehingg tidak amis. Bahkan rasanya gurih dan renyah.

Bahkan, ketika dicocol dengan sambal, maka nikmatnya semakin terasa dan lengkap. Dia mengatakan, Penikmat merupuk pentol tidak hanya di Kabupaten Sumenep, melainkan sejumlah daerah sudah pernah mesen terhadap dirinya.

“Sudah pernah kirim ke Jakarta, Surabaya, Sidoarjo, bahkan untuk Madura, dan Tapal Kuda, tapi gak banyak sih, cuma beberapa penikmat. Pemasarannya macam macam, ada yang jual online dan ada yang dipasarkan secara tradisional,” imbuhnya.

Sementara untuk wilayah Sumenep sudah punya penikmat sendiri. Bahkan selain dirinya sudah banyak yang memasarkan kerupuk pentol ke berbagai daerah di Sumenep. Hingga kini, Pembuat kerupuk pentol ini tersebar di Desa Legung dan Dapenda.

Sementara, potensi kuliner lainnya adalah kripik tela dari Desa Basoka, Rubaru. Pasarannya selain disebar ke toko-toko, juga dikirim ke berbagai daerah di luar Madura. (ibn)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional