Karta.co.id

Kualitas Super Bawang Merah Varietas Sumenep

  • Rabu, 29 April 2020 | 23:05
Kualitas Super Bawang Merah Varietas Sumenep
Foto: warga desa basoka, kec. Rubaru sedang memantau tanaman bawangnya di lahan.

KARTA.CO.ID, SUMENEP – Dari 27 Kecamatan di Kabupaten Sumenep, Kecamatan Rubaru dikenal sebagai daerah holtikultura. Bahkan, salah satu hasil panen unggulan adalah bawang merah. Sehingga memiliki varietas tersendiri, Bawang Merah Varietas Rubaru.

Berdasarkan pantauan di lapangan, masa panen bawang merah varitas Rubaru ini 60 hari, sehingga dalam setahun petani bisa panen hingga enam kali, setiap 1 ton bibit bawang merah yang ditanam mampu menghasilkan produksi sekitar delapan hingga 10 ton.

Hasil panen bawang kualitas super varietas rubaru

Zainuddin, salah satu petani bawang merah mengaku sangat bersyukur dengan adanya varitas bawang merah. Apalagi, harga bawang merah di Rubaru tahun 2020 ini sangat tidak merugikan terhadap petani.

“Kelebihan dari bawang merah Rubaru tahan cuaca ini apalagi dimusim hujan seperti sekarang dimana banyak petani didaerah lain gagal panen. Tetapi, di Rubaru, Alhamdulillah banyak yang sukses,” ujar Zainuddin ketika berbincang-bincang dengan wartawan.

“Alhamdulillh varitas bawang Rubaru ini sangat cocok ditanam di segala musim. Musim hujan, bagus. Musim kemarau juga bagus. Meskipun ada juga yang rusak tapi banyak pula yang bagus,” terangnya.

Sementara, Sakdawi Jayadi, Kepala UPT Pertanian Kecamatan Rubaru, mengatakan Jenis bawang merah Sumenep yang lebih dikenal dengan varitas bawang merah Rubaru ini sangat tahan terhadap cuaca hujan ekstrim sekalipun dan sangat cocok ditanam dilahan dengan topografi kemiringan 45 persen, seperti dikecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep yang merupakan daerah perbukitan.

“Bawang merah sumenep ini lebih dikenal varitas bawang Rubaru sangat cocok dengan topografi kemiringan 45 persen meskipun cuaca hujan,” kata Sakdawi.

Sakdawi menambahkan hasil produksi bawang merah setiap hektar mampu menghasilkan 8 hingga 10 ton, paling sedikit setiap tahun tiga kali panen dengan luar lahan seribu hektar.

“Produksinya sangat bagus setiap hektar mampu menghasilkan 8-10 ton bawang,” terang sakdawi. (ibn)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional