Karta.co.id

Masuk Musim Panen, Gudang Tembakau di Sumenep Belum Buka

  • Selasa, 25 Agustus 2020 | 12:33
Masuk Musim Panen, Gudang Tembakau di Sumenep Belum Buka
Foto: ilustrasi from google


KARTA.CO.ID, SUMENEP – Memasuki panen tembakau, Gudang tembakau di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Belum ada yang buka.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep. Arif Firmanto, memgatakan hingga saat ini belum ada gudang yang buka, karena beberapa prabikan gudang akan membukan akhir agustus dan awal september 2020.

“gudang garam akan buka 28 agustus sementara Gudang Wismillak dan Gudang Djarum akan membuka awal september 2020”. Ujar, Arif kepada media. Senin, (24/8/2020).

Mengenai patokan harga tembakau, Arif belum bisa memastikan, karena kepastian harga itu adalah kewenangan dari gudang langsung.

Panen tembakau tahun ini bisa jadi mahal, karena melihat kuota yang dibutuhkan gudang dengan ketersedian hasil panen dari petani disumenep. Karena lahan tanam tembakau di Sumenep 2020 saat ini menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya, untuk tanam tembakau tahun 2019 sekitar 14ribu heltar sementara tahun 2020 8ribu hektar. Berdasarkan dari tori tanaman tenaman tembaku 2020 menghasilkan kurang lebih 5ribu ton.

Cuaca selalu jadi penentu dari kwalitas tembakau, sehingga tidak jarang harga tembakau jadi rendah dan kurang memihak kepada kepada petani.

“Tahun ini tiga gudang itu membutuhkan kurang lebih 10520ton untuk semadura, sementara tanaman tembakau di Sumenep tahun 2020 diperkirakan memghasilkan  5ribu ton” ujarnya.

Demi petani, Arif Firmanto akan terus memperjuangkan dan memberdayakan para petani di Sumenep. Terbukti, baru pertama kali pihaknya menjalin kemitraan dengan gudang.

“dengan Djarum kami punya kemitraan antara 350 dengan 500 ton. Di luar yang 9 ribu ton” Pungkas, Arif Firmanto. (di/ibn).

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional