Karta.co.id

Pemkab Sumenep Akan Menghibur Wisatawan Dengan Kerapan Sapi

  • Kamis, 12 September 2019 | 12:50
Pemkab Sumenep Akan Menghibur Wisatawan Dengan Kerapan Sapi
Foto: ilustrasi



KARTA.CO.ID, SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menggelar kerapan sapi yang memperebutkan kejuaraan tingkat Kabupaten pada 15 September 2019. Even tersebut merupakan serangkain agenda Visit Sumenep atau tahun kunjungan 2019.

“Kegiatan ini bakal dipusatkan di lapangan Giling,” kata Carto, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Robi Firmansah Wijaya. Dikatakan, sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh Disparbudpora Sumenep, seperti kordinasi dengan tokoh-tokoh budaya, serta para persatuan pemilik sapi karapan yang ada di Kabupaten Sumenep, dan juga pemilik lapak pedagang kaki lima yang biasa mangkal di lapangan Giling.

“Nanti para pengguna lapak itu bakal diliburkan untuk sementara,” jelasnya.

Kegiatan lanjut Robi, bakal diikuti sebanyak 36 pasang sapi. Puluhan sapi itu berasal dari empat kewedanan, yakni kewedanan Kota Sumenep, kewedanan Ambunten, Kewedanan Bluto, kewedanan Guluk-guluk serta kewedanan Pulau Sapudi.

Juara tingkat Kabupaten nantinya bakal mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lomba serapan sapi dalam rangka memperebutkan kejuaraan Piala Presiden tahun 2019 mendatang.

Sapi jantan tangguh yang bakal mengikuti piala presiden itu sebelumnya telah mengikuti seleksi yang digelar 25 Agustus 2019 di lapangan kerapan sapi di Pulau Sapudi. “Nah, hasil seleksi itu yang bakal mengikuti piala bergilir tingkat Kabupaten Minggu besok,” jelasnya.

Menurut Robi, Kerapan sapi merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang ada di Pulau Madura, termasuk di kabupaten berlambangkan kuda terbang ini. “Selain untuk menarik minat wisatan, ketrapan sapi merupakan salah satu icon Sumenep yang perlu dipertahankan,” tegasnya.

Hari ini, Sabtu (14 September 2019) agenda technical meeting bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Sumenep. Seluruh unsur yang terlibat didatangkam dalam agenda tersebut, mulai dari peserta, pengurus paguyuban, petugas keamanan dan lainnya. (di/ibn).

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional