Karta.co.id

Santri Milenial Madura, Pemikiran Milenial Hati Mekkah

  • Kamis, 22 Oktober 2020 | 15:28
Santri Milenial Madura, Pemikiran Milenial Hati Mekkah

Oleh : Ir. Donny M Siradj, MBA, MPP

KARTA.CO.ID – Fokus pembangunan pemerintah jilid kedua dan ke depannya adalah pembangunan SDM, dan kunci kesuksesan sebuah negara atau suatu wilayah adalah terletak pada Sumber Daya Manusia nya (SDM), baik itu leader ataupun followernya.

Maju mundurnya sebuah peradaban kuncinya terletak pada sumber daya manusianya, bukan di sumber daya alamnya.

Sejak awal, peradaban Islam fokus membangun manusia dengan ilmu sebelum membangun infrastruktur. Itulah mengapa Madinah yang sederhana itu mampu menciptakan alumni hebat yang memimpin dunia.

Dalam konteks kekinian, negara tetangga kita Singapura, mereka bisa menjadi yang terdepan dalam bisnis dan kualitas sumber daya manusianya, dengan pendapatan per kapita penduduknya salah satu yang tertinggi di dunia diatas $65 ribu per tahun (di atas 1 milyar rupiah per tahun), hingga mencapai peringkat indeks pembangunan manusia (human capital index) tertinggi dari 157 negara di dunia, padahal luas wilayahnya hanya 700 kilometer persegi, tidak lebih luas dari luas wilayah Sumenep, dan tidak memiliki sumber daya alam apapun.

Kunci kesuksesannya adalah kembali lagi terletak pada kualitas SDM nya.

Madura yang terkenal dengan negeri seribu pesantren nya mempunyai aset SDM yang berharga yaitu para santri. Insyaallah dengan modal IMTAK dan IPTEK santri milenial madura akan menjadi lokomotif perubahan dan penggerak kemajuan bagi 75% pemuda usia produktif, khususnya di Sumenep, santri yang berkualitas dan berdaya saing. Generasi santri milenial yang berotak milenia dan berhati Mekkah. Biiznillah

Selamat Hari Santri !

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional