Karta.co.id

Sisi Lain Safari Kepulauan (3), Alat Praga Kampanye-Air Mineral Berlogo PKB

  • Jumat, 7 Desember 2018 | 12:34
Sisi Lain Safari Kepulauan (3), Alat Praga Kampanye-Air Mineral Berlogo PKB
Salah satu kardus air mineral berlogo PKB berada di atas KMP DBS III dalam safari kepulauan. (Foto Busri Toha / KARTA.co.id)

KARTA.co.id, Sumenep – Pelaksanaan Safari Kepulauan akhir tahun 2018, yang menggunakan fasilitas negara milik Pemkab Sumenep, sepertinya dimanfaatkan pula Partai Politik (Parpol) dan calon anggota legislatif untuk berkampanye demi kepentingan Pileg 2019.

Sejumlah wartawan yang ikut dalam rombongan itu, menjadi heran. Sebab, dalam perjalanan semasih berada di atas kapal, berjumpa dengan beberapa calon anggota legislatif DPRD Sumenep yang berasal daerah pemilihan (dapil) di wilayah daratan.

”Saya mengikuti ini, karena ingin mengetahui kondisi wilayah kepulauan Sumenep. Sebab, Caleg tentu harus tahu kondisi Sumenep,” ujar AH, salah satu caleg tersebut dalam perbincangan dengan KARTA.co.id.

Ketika disinggung, bahwa kepulauan bukan basis dari pemilihnya dalam Pileg 2019 mendatang? Perempuan berhijab tersebut beralasan karena kebetulan dirinya menjadi pengurus di DPC PKB Sumenep. ”Saya pengurus DPC PKB,” ujarnya seraya memberikan isyarat agar tidak ramai.

Stiker caleg yang berada di kursi KMP DBS III

Dugaan semakin kuat ketika, wartawan menyusuri kapal. Maklum kapal masih baru dan ingin melihat semua ruangan. Ternyata, terlihat kardus Air Mineral berlogo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menariknya, beberapa orang dalam rombongan yang diduga kuat adalah pengurus DPC PKB Sumenep terlihat menggunakan baju atau almamater kebesar PKB digunakan di dalam kapal dan dimuka umum. Bahkan, ketika turun dari kapal pun, tetap menggunakannya.

Hal itu semakin jelas ke permukaan saat di hari pertama di Kecamatan Sapeken, dengan jelas PKB melakukan roadshow ke PAC PKB setempat. Hari kedua-pun semakin parah bahkan terlihat gambar beberapa calon baik dari DPRD Kabupaten Sumenep itu sendiri, DPRD Provinsi Jatim, dan DPR RI.

Berdasarkan sumber terpercaya, ketika sebelum berangkat ke Pelabuhan Kalianget, dimana di daftar hadir panitia ada orang yang tak dikenal dengan membawa rombongan pula, lengkap dengan alat praga kampanye.

Sesuai keterangan dari salah satu pendamping yang enggan disebutkan namanya bahwa sebelum pemberangkatan ada orang yang mengaku orangnya Bupati mau ikut ke Safari Kepulauan. Ternyata mereka bukan utusan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melainkan adalah pengurus DPC PKB Sumenep. (ibn).

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional