Karta.co.id

Terasi Pasongsongan ; Produk Lokal, Pasar Tembus Luar Daerah

  • Sabtu, 9 Mei 2020 | 22:43
Terasi Pasongsongan ; Produk Lokal, Pasar Tembus Luar Daerah

KARTA.CO.ID, SUMENEP – Dari 27 Kecamatan di Kabupaten Sumenep, masing-masing kecamatan memiliki potensi alam dan potensi ekonomi yang luar biasa. Salah satunya, Kecamatan Pasongsongan.

Pasongsongan, terletak di daerah pesisir Pantai Utara. Sebelah timur, berbatasan dengan Kecamatan Ambunten. Sedangkan sebelah baratnya, berbatasan dengan Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan.

Kehidupan masyarakat di daerah itu, dari hasil pertanian berupa padi, jagung, tembakau dan lain-lain. Sedangkan di masyarakat pesisir lebih banyak yang menjadi nelayan.

Dari hasil tangkapan ikan, tidak semua dijual menjadi ikan segar tetapi mengolahnya dengan dibuat terasi produksi tradisional. Hal tersebut dilakukan warga sebagai bagian dari mengembangkan usaha turun temurun, yang diwariskan oleh nenek moyang mereka.

Produksi trasi Pasongsongan memiliki cita rasa tersendiri, khas. Bebas dari kimia. Sebab, diproduksi secara tradisional. Sehingga tidak heran, hasil produksi terasi bisa menembus pasar luar daerah, karena kualitas terjamin tidak memakai bahan pewarna kimia.

Siti Saleha, salah satu pengusaha trasi di Panaongan Pasongsongan mengatakan, produksi terasi Pasongsongan memiliki kualitas terjamin. Kemurnian tetap selalu terjaga, sebab, selama ini memproduksi terasi di Desa Kecamatan Pasongsongan, diproduksi secara tradisional dari turun temurun.

“Kami produksi terasi tetap memakai tradisional, dan terjamin tidak bahaya pada kesehatan,” kata Siti Saleha.

Hingga kini, terasi panaongan masih digemari oleh masyarakat pribumi maupun wisatawan. Aroma khas udang panaongan menjadi saksi bisu perjalanan sejarah panaongan.

Pembuatan terasi udang cukup mudah, dengan mencampurkan udang  dan garam yang kemudan ditumbuk hingga halus. Setelah itu dijemur di bawah terik matahari, terasi pun siap untuk diolah menjadi bumbu dapur.

“Keaslian terasi di Pasongsongan ini di jamin, karena lautnya bebas dari limbah kimia yang mengakibatkan bahaya pada kesehatan,” tuturnya.

Selain itu, khas terasi pasongsongan Desa Panaongan ini, kalau dibuat tanpa campuran tepung, kalau buat masakan sambal terasi aroma yang bikin ngiler. (di/ibn)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional