Karta.co.id

Wadah Sehat Lakukan 3T di Tanjung Odi dalam Memutus Mata Rantai Corona

  • Sabtu, 27 Juni 2020 | 18:52
Wadah Sehat Lakukan 3T di Tanjung Odi dalam Memutus Mata Rantai Corona

KARTA.CO.ID, SUMENEP — Wadah Sehat tidak cuma terlibat dalam melakukan tes cepat (rapid test) dan tes swab PCR kepada karyawan di PT Tanjung Odi dalam mencegah dan menangani penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan.

Lebih dari itu, organisasi yang beranggotakan para dokter, tenaga medis dan relawan ini juga proaktif melakukan serangkaian upaya untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19 di antara karyawan dan keluarganya.

“Kami melakukan langkah-langkah yang merujuk pada strategi ‘3T’: test, treat & trace yang dicanangkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) Bersama manajemen,” ucap perwakilan Wadah Sehat, dr. Nurhadji, dalam silaturahim dengan awak media Sumenep, Jumat (26/6).

Menurutnya, tahap awal, test atau pengujian sangat penting untuk mencegah penyebaran virus. Melalui tes, kata Nurhadji, bisa dilakukan identifikasi kasus dengan cepat untuk memulai langkah perawatan, pelacakan, dan isolasi. “Lebih cepat tes dilakukan, tentu semakin baik,” ujarnya.

Itu sebabnya, sesuai juga dengan arahan Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Wadah Sehat telah membantu manajemen PT Tanjung Odi melakukan rapid test (3-5 Juni), yang kemudian dilanjutkan dengan tes swab PCR (24/6).

Namun, tes saja tidak cukup. Menurut dr. Nurhadji, T yang pertama harus dilanjutkan dengan melakukan dua T berikutnya, yaitu treat (perawatan) dan trace (pelacakan).

Perawatan (treat) dilakukan antara lain dengan ikut terlibat dalam merawat karyawan yang terinfeksi dan melakukan isolasi untuk mencegah penyebaran yang lebih jauh. Hal itulah yang kini tengah dilakukan bersama manajemen dengan menyiapkan Pondok Sehat sebagai tempat isolasi bagi karyawan yang terkonfirmasi positif.

Sedangkan T yang ketiga, trace atau pelacakan terhadap kontak merupakan inti dari upaya menghentikan atau memutus rantai penularan. “Setelah melakukan identifikasi, langkah ini juga dijalankan dengan memberitahu pihak-pihak yang melakukan kontak dengan karyawan terinfeksi serta mendukung orang yang telah terpapar,” pungkas Nurhadji. (*)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional