Karta.co.id

Wow! Modal Jadi Kades di Kabupaten Sumenep Habiskan Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah, Padahal Gajinya Segini

  • Senin, 12 April 2021 | 13:52
Wow! Modal Jadi Kades di Kabupaten Sumenep Habiskan Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah, Padahal Gajinya Segini
Foto: ilustrasi

KARTA.CO.ID, SUMENEP – Sebanyak 86 Desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 2021. informasi yang berhasil dihimpun, modal untuk maju menjadi kepala desa (Kades) bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Abd. Rahem Mantan Kepala Desa Jati, Kecamatan Giligenting Sumenep. Mengatakan, dinamika pilkades terbilang cukup ketat karena harus bersaing dengan orang yang dikenal dan terkadang dengan tetangga, bahkan saudara sendiri. Dan juga memerlukan dukungan sosial yang kuat, pilkades juga memerlukan modal finansial yang cukup besar.

“Dalam moment pilkades bagi calon sangat dibutuhkan semangat tinggi untuk mencapainya, semangat itu juga butuh finansial yang tidak sedikit” ujar rahem.

Finansial dalam proses pilkades bukan lagi jadi rahasia. Karena finansial menjadi salah satu kunci dalam investasi suara lebih banyak, banyaknya daftar pemilih tetap akan semakin juga untuk mengeluarkan uang.

“iya begitu, jika keuangan kita itu cukup maka dalam proses pilkades semakin lincah dalam dinamika menuju kades, itulah pengalaman saya sebagai calon kades” tegas. Rahem.

Sementara, salah satu Kades di Kabupaten Sumenep yang tidak mau disebutkan nama dan desanya yang telah memenangkan kontestasi pilkades 2020. Mengatakan, bahwa begitu ketat dan panasnya politik pilkades, karena dalam meraup suara membutuhkan perjuangan ekstra dan modal finansial yang cukup besar.

“Masyarakat di desa kami itu sekitar 5ribu penduduk lebih, jadi saat saya mencalonkan kades, saya bersama tim butuh berjuang keras dan juga keuangan harus tangguh juga” ucapnya.

“Karena lawan saya incumbent jadi butuh perjuangan ektra menjalankan polilik bersama tim, dan itu butuh modal uang lebih banayak, kalau diakumulasikan dari proses pilkades hingga pasca pilkades menghabiskan 1 Miliar rupiah” terangnya. (12/4/2021).

Untuk diketahui, Berdasarkan Keputusan Bupati Sumenep Nomer 188/135/KEP./435.013/2021 tertanggal 25 maret 2021. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumenep, berencana akan digelar pada 8 Juli 2021 yang di ikuti 86 Desa dari 27 Kecamatan di kabupaten Sumenep. Sementara Gaji Kepala Desa Sekitar 3 juta.

“Tahapan panitia Pilkades sudah terbentuk maksimal tujuh (7) April sesuai dengan ketetapan Bupati. soal gaji, sesuai perbup, gaji kades itu 3 jutaan” pungkas, Kepala bidang (Kabid) Pemdes, Supardi. (rud/adi).

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional